Mengenali Jenis-Jenis Bahan Kulit (Genuine Leather)

1. Kulit Jenis Pull Up

Jenis kulit Pull-Up (Pull-Up Leather) adalah proses pengolahan lanjutan dari jenis kulit Finish Leather. Pada jenis kulit pull-up, kulit yang telah selesai di proses menjadi finish leather kemudian ditarik melar sehingga didapatkan kulit yang lebih tipis. Kulit yang lebih tipis akan lebih mudah dibentuk menjadi berbagai jenis bentuk sepatu. Karena proses nya di tarik atau di melarkan, jenis kulit Pull-Up memiliki warna yang sedikit memudar, sehingga memiliki keunikan tersendiri dan memberikan kesan Vintage pada sepatu yang dihasilkan dibandingkan dengan sepatu dengan bahan kulit Finish Leather.

2.  Kulit Jenis Crazy Horse

Crazy Horse Leather ini populer digunakan untuk pembuatan pelana kuda. Kulit ini pada dasarnya sama dengan kulit Pull Up namun memiliki motif yang khas dan variatif. Jenis kulit ini memiliki kualitas dan durabilitas yang tinggi, juga terlihat mewah, antik dan vintage. Kekhasan kulit ini dihasilkan dari pengaplikasian wax pada permukaan kulit yang telah dihaluskan. Wax ini memperkuat serat pada kulit yang membuat kulit mengalami perubahan warna.

3. Kulit Jenis Suede

Jenis kulit Suede adalah jenis bahan kulit yang diproses secara terbalik, yaitu disamak dari bagian dalam kulit binatang. Jenis kulit Suede meiliki tekstur yang lebih lembut. Sepatu dengan bahan jenis kulit Suede umumnya lebih digemari oleh anak-anak muda. Sepatu kulit dengan jenis bahan kulit suedeterkesan lebih santai dan tidak formal. Kelemahan sepatu dengan bahan jenis kulit Suede adalah mudah kotor, akan berubah warna jika terkena air, dan jahitanya lebih mudah tertarik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Halo! Klik salah satu CS dibawah untuk melakukan chat via WhatsApp.